Teknologi Berita

Teknologi telah mengubah dunia dalam lebih dari satu cara, kami membahas semua itu di sini.

16 Apr 2021

Teknologi

Blue Origin milik Jeff Bezos luncurkan roket New Shepard hingga mendarat

Blue Origin milik Jeff Bezos mungkin tertinggal beberapa langkah di belakang SpaceX, perusahaan Elon Musk yang menjadi pesaingnya, namun penerbangan antariksa berawak yang pertama dari perusahaan tersebut bakal segera mengudara.

16 Apr 2021

Teknologi

NASA berisiko kehilangan pendarat InSight selamanya karena badai debu Mars

Pendarat InSight NASA mungkin berada di tempat yang bermasalah. InSight telah mendarat di Mars pada akhir 2018, tetapi telah terganggu oleh masalah serius selama ekspedisi 30 bulannya.

16 Apr 2021

Teknologi

Tes Instagram memungkinkan pengguna menyembunyikan Like, Facebook mungkin mengikutinya

Melanjutkan eksperimennya yang sedang berlangsung terkait penghitung Like, Instagram kini telah mengumumkan opsi baru. Opsi ini memungkinkan pengguna untuk menonaktifkan visibilitas jumlah Like pada postingan mereka sendiri serta posting orang lain yang mereka lihat di aplikasi.

15 Apr 2021

Teknologi

Fitur ini mengingatkan pengguna Android untuk melihat ke depan saat berjalan

Google sudah mulai meluncurkan fitur terbaru dalam aplikasi Digital Wellbeing buatannya. Pertama kali ditemukan Mishaal Rahman dari XDA-Developers November tahun lalu, fitur Heads Up dirancang demi mencegah orang-orang menggunakan ponsel mereka ketika berjalan.

14 Apr 2021

Teknologi

Microsoft membeli co-creator Siri Nuance dalam kesepakatan $ 19,7 miliar

Microsoft Corp telah membeli perusahaan teknologi AI speech Nuance dalam kesepakatan akuisisi senilai $ 19,7 miliar. Perusahaan ini terkenal membantu Apple mengembangkan asisten suara Siri dengan karya perintisnya di bidang text-to-speech sejak didirikan pada tahun 1992.

13 Apr 2021

Teknologi

SpaceX tidak akan 'menangkap' komponen roket lagi, malah akan memancing

Usaha eksplorasi luar angkasa ambisius Elon Musk, SpaceX, telah menjadi berita akhir-akhir ini untuk program internet satelit Starlink, misi Crew Dragon, roket pengangkut muatan Falcon 9, dan penerbangan uji Starship yang meledak.

13 Apr 2021

Teknologi

Signal Payments diumumkan dengan dukungan untuk cryptocurrency

Signal, aplikasi perpesanan aman, baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka meluncurkan versi beta dari aplikasinya yang menghadirkan fitur Signal Payments baru.

13 Apr 2021

Teknologi

Google menutup aplikasi Shopping-nya

Google menutup aplikasi Shopping untuk Android dan iOS, seperti konfirmasi juru bicara perusahaan tersebut kepada 9to5Google.

07 Apr 2021

Teknologi

Windows 10 dapat segera terbuka secara otomatis dengan mendeteksi kehadiran Anda

Ingat fitur Dynamic Lock yang masuk ke Windows 10 beberapa tahun yang lalu? Fitur ini secara otomatis mengunci PC Anda saat Anda menjauh darinya.

07 Apr 2021

Teknologi

Astronot berhasil memindahkan Resilience milik SpaceX — pertama untuk awak komersial

Pada hari Senin, astronot berhasil memindahkan pesawat luar angkasa SpaceX Crew-1 dari port depan modul Harmony milik Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) ke port yang menghadap ke luar angkasa.

07 Apr 2021

Teknologi

Yahoo Answers akan ditutup secara permanen pada 4 Mei

Setelah hadir selama 15 tahun, Yahoo Answers ditutup.

06 Apr 2021

Teknologi

Sub-merek Hyundai Genesis memecahkan rekor dunia dengan 3.281 drone

Genesis milik Hyundai membuat pintu masuk spektakuler ke China dengan aksi publisitas yang memecahkan rekor. Pembuat mobil Korea itu menerbangkan 3.281 drone dalam formasi dekat untuk menampilkan logonya di cakrawala Shanghai pada 29 Maret.

06 Apr 2021

Teknologi

Helikopter Ingenuity NASA mendarat di Mars

Helikopter Ingenuity NASA telah mendarat di Mars setelah dijatuhkan dari perut kapal induknya, rover Perseverance, kata badan antariksa itu mengumumkan pada hari Sabtu.

05 Apr 2021

Teknologi

Inilah mengapa NASA mengubur seismometer InSight

Sejak pendaratan yang sukses di Mars, misi pendarat InSight NASA telah mengalami banyak tantangan. Baru-baru ini, seismometer InSight yang dijuluki Eksperimen Seismik untuk Struktur Interior (Seismic Experiment for Interior Structure, SEIS) telah mengirimkan hasil pemantauan positif palsu dan bising dari aktivitas seismik di planet merah itu.

05 Apr 2021

Teknologi

Twitter mengonfirmasi bahwa Spaces akan hadir di browser web desktop

Twitter telah mengonfirmasi kepada The Verge bahwa Spaces akan segera tersedia di browser web. Ini akan memungkinkan pengguna untuk mengakses Spaces dari PC desktop dan laptop mereka.

02 Apr 2021

Teknologi

SpaceX kehilangan purwarupa Starship lainnya dalam ledakan di udara

Hanya beberapa minggu setelah roket Starship Serial Number 10 (SN10) SpaceX meledak setelah pendaratan yang tampaknya berhasil, Starship SN11 meledak di udara kemarin.

02 Apr 2021

Teknologi

SpaceX akan menambahkan kubah kaca 360 derajat ke kapsul Crew Dragon

Kapsul Crew Dragon SpaceX mungkin telah menyelesaikan dua misi Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), tetapi kendaraan ini juga utamanya dirancang untuk menjadi kendaraan SpaceX untuk pariwisata luar angkasa. Oleh karena itu, kendaraan luar angkasa ini mendapatkan peningkatan yang lebih menarik.

01 Apr 2021

Teknologi

Virgin Galactic memperkenalkan kendaraan luar angkasa komersial SpaceShip III generasi baru

Pesaing SpaceX Virgin Galactic telah meluncurkan VSS Imagine, armada pesawat luar angkasa terbaru yang dirancang khusus untuk pariwisata komersial.

30 Mar 2021

Teknologi

Ford sekarang memproduksi suku cadang F-250 menggunakan limbah printer 3D daur ulang

Produsen mobil Amerika Ford telah bekerja sama dengan HP dan tiga perusahaan lain untuk menggunakan kembali bahan baku pencetakan 3D bekas seperti bubuk dan filamen. Proses baru ini mengubah limbah menjadi bahan yang cocok untuk komponen plastik cetak injeksi untuk kendaraan.

30 Mar 2021

Teknologi

Tas ransel bertenaga AI ini bisa menggantikan anjing pemandu bagi para penyandang tunanetra

Kebanyakan penyandang tunanetra bergantung pada tongkat jalan dan anjing pemandu untuk menjelajahi tempat-tempat umum. Meskipun ada alat untuk membantu dengan umpan balik haptic, itu bukanlah solusi yang komprehensif.

24 Mar 2021

Teknologi

Helikopter Ingenuity NASA sekarang selangkah lebih dekat menuju penerbangan perdana

Selama akhir pekan, penjelajah Perseverance NASA menjatuhkan pelindung puing yang melindungi helikopter Ingenuity selama pendaratan bersejarah penjelajah itu di planet merah.

13 Mar 2021

Teknologi

Kreator YouTube di luar Amerika Serikat bakal diwajibkan bayar pajak AS

Kreator YouTube di luar Amerika Serikat (AS), termasuk yang ada di Indonesia, tidak lama lagi harus menyetor pajak kepada pemerintah Paman Sam itu.

13 Mar 2021

Teknologi

Daimler Truck AG dan Volvo Group gagas usaha bersama sel bahan bakar

Daimler Truck AG dan Volvo Group belum lama ini meresmikan kesepakatan untuk membentuk usaha bersama yang bergerak dalam pengembangan sel bahan bakar (fuel cell).

13 Mar 2021

Teknologi

Instagram Lite hadir kembali di 170 negara; Mendukung fitur Reels

Aplikasi Instagram Lite telah tersedia di sejumlah negara seperti India sejak Desember silam, tapi kini Facebook meluncurkan versi terbarunya di 170 negara. Edisi ringan ini ditujukan untuk pemilik ponsel dengan ruang penyimpanan yang terbatas.

11 Mar 2021

Teknologi

Instagram uji coba Captions, fitur transkripsi audio untuk Story

Instagram tengah mengetes fitur baru bernama Captions yang otomatis menulis teks dari audio atau ucapan dalam Story Instagram.

10 Mar 2021

Teknologi

CEO Twitter Jack Dorsey melelang twit perdananya

CEO Twitter Jack Dorsey belum lama ini menawarkan twit paling pertamanya sebagai non-fungible token (NFT-semacam aset digital). Twit itu berbunyi "just setting up my twttr" dan dikirim pada 22 Maret 2006.

08 Mar 2021

Teknologi

Fitur untuk batalkan twit terungkap, mungkin segera bergulir

Pengamat kode aplikasi Jane Manchun Wong melalui Twitter mengabarkan, dirinya menemukan animasi di platform itu yang mengindikasikan bahwa Twitter sedang mencoba konsep baru, yaitu fitur untuk membatalkan twit.

05 Mar 2021

Teknologi

Astronom pencari lubang hitam besar malah temukan beberapa lubang kecil

Dua astronom dari Institut Astrofisika Paris, yang kabarnya tengah menelusuri keberadaan lubang hitam besar (black hole) di gugus bola NGC 6397 menggunakan teleskop luar angkasa Hubble milik NASA serta teleskop di Bumi, menemukan sesuatu yang tidak disangka-sangka.

05 Mar 2021

Teknologi

Hotel pertama di luar angkasa siap beroperasi tahun 2027

Beberapa tahun ke depan, menginap di hotel luar angkasa bukan lagi sekadar adegan dalam film atau cerita sains-fiksi.

04 Mar 2021

Teknologi

Twitter Spaces hadir di Android sebelum Clubhouse

Tiruan Clubhouse buatan Twitter, Spaces, kini sudah tersedia di Android. Dengan demikian, platform mikroblog itu telah menghadirkan konsep interaksi media sosial yang berbasis audio ini ke selain pengguna Apple. Sebelumnya fitur tersebut juga terbatas untuk iOS, seperti halnya Clubhouse.

04 Mar 2021

Teknologi

Fitur Live Rooms Instagram nantinya bisa siaran hingga empat orang

Instagram baru saja mengumumkan fitur baru bernama Live Rooms. Fungsi ini memungkinkan satu host dan tiga peserta lainnya menyiarkan sesi Live Instagram. Sebelumnya, pengguna hanya bisa membuat sesi untuk satu orang.

26 Feb 2021

Teknologi

Google integrasikan gim HTML5 ringan dalam browser Chrome Android

Google baru saja mengintegrasikan sejumlah gim HTML5 ringan ke peramban Chrome besutannya di Android. Gim-gim ini bisa dimainkan secara online pada ponsel pintar kelas menengah maupun terjangkau. Proyek tersebut menyasar sejumlah negara berkembang seperti Indonesia dan India.

25 Feb 2021

Teknologi

Warganet pecahkan pesan rahasia di parasut wahana Perseverance milik NASA

Parasut yang mengembang saat pendaratan terakhir wahana penjelajah (rover) Perseverance milik NASA dihiasi pola acak berupa garis-garis merah dan putih. Pihak NASA kemudian menyatakan bahwa payung udara tersebut memuat sandi rahasia.

24 Feb 2021

Teknologi

Microsoft saingi Fiverr dan Upwork dengan LinkedIn Marketplaces

Platform jejaring sosial untuk kalangan profesional LinkedIn bakal segera menandingi Fiverr dan Upwork. Perusahaan milik Microsoft itu akan terjun ke kancah gig economy (sistem pasar tenaga kerja yang bebas) melalui layanan baru bernama Marketplaces.

24 Feb 2021

Teknologi

Netflix di ponsel bakal otomatis mengunduh rekomendasi konten untuk ditonton secara offline

Pada Senin lalu, Netflix mengumumkan fitur baru bernama Downloads For You untuk aplikasi Android dan iOS. Fitur dari raksasa streaming ini akan otomatis mengunduh film dan acara TV yang direkomendasikan berdasarkan minat pengguna.

24 Feb 2021

Teknologi

Spotify saingi Tidal dengan paket baru yang menawarkan audio berkualitas 'HiFi'

Layanan streaming musik populer Spotify baru-baru ini mengumumkan rencana untuk memperkenalkan streaming audio HiFi. Ini memungkinkan pengguna Premium untuk mendengarkan audio dengan kompresi lossless (mirip aslinya) yang memiliki kualitas layaknya CD.

24 Feb 2021

Teknologi

Peneliti berhasil menjalin komunikasi dua arah dengan orang yang bermimpi sadar

Sekelompok peneliti internasional memublikasikan makalah teknis pada Kamis lalu yang memaparkan bahwa mereka berhasil berkomunikasi secara langsung dengan orang yang bermimpi sadar (lucid dream).

23 Feb 2021

Teknologi

Hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang platform media sosial baru Clubhouse

Clubhouse merupakan aplikasi jejaring sosial berbasis audio yang memungkinkan pengguna berpartisipasi dalam diskusi tentang berbagai topik menarik. Mereka juga dapat mendengarkan percakapan para pesohor secara langsung dengan bergabung ke ruang obrolan.

22 Feb 2021

Teknologi

Rover Perseverance milik NASA mengirim foto-foto perdana Mars ke Bumi

Wahana penjelajah rover Perseverance buatan NASA mendarat di kawah Jezero Mars pada tengah malam kemarin. Misi yang menantang ini bertujuan untuk menemukan tanda-tanda kehidupan di planet merah tersebut.

18 Feb 2021

Teknologi

Toyota bekerja sama dengan Aurora dan Denso untuk kembangkan taksi tanpa pengemudi

Startup teknologi untuk kendaraan berkemudi sendiri Aurora akan bekerja sama dengan perusahaan Jepang Toyota dan Denso guna memproduksi taksi tanpa sopir.